Rahasia Sukses Bisnis Kuliner



Bisnis kuliner adalah bisnis yang sangat potensial di tahun ini. Pasalnya, saat ini banyak orang yang selalu eksis dengan menggunggah makanan yang unik di sebuah tempat makan. Dalam hal ini tentu memberikan peluang bagi para pelaku usaha kuliner. Lantas, bagaimana  cara bisnis kuliner agar sukses?
Pertama Anda harus mengurus dahulu hal hal penting seperti perizinan. Setiap struktur bisnis, memiliki prosedur pengajuan izin usahanya. Ini adalah kewajiban Anda sebagai pebisnis untuk dapat memulai bisnis legal di Indonesia. Ketahui dahulu struktur bisnis Anda, lalu ajukan bisnis dan bereskan semua prosedur perizinan usahanya. Sebagai contoh, jika Anda tertarik untuk membuat sebuah CV, maka Anda bisa melihat sekilas mengenai proses pengajuan CV di berbagai buku atau sumber inet yang terpercaya
Kemudian yang kedua adalah aktivitas bisnis. Dalam bisnis apapun, Anda harus mengetahui aktivitas bisnis Anda, yaitu aktivitas apa saja yang diperlukan untuk menghasilkan produk atau layanan Anda. Setiap bisnis tanpa perencanaan aktivitasnya akan hilang arah, dan Anda bisa tersesat jika berbuat demikian. Artinya, Anda harus tahu seperti apa aktivitas bisnis Anda nantinya. Penasaran apa saja aktivitas bisnis Anda? Dalam bisnis biasanya aktivitas bisnis dibedakan menjadi 5 yaitu,
·       Keuangan (Financial Management): Kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan.

·         SDM (Human Resources Management): Manajemen SDM atau sering disingkat MSDM merupakan aktivitas dimana Anda mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama.

·         Operasional (Operational Management): Aktivitas bisnis yang berfokus pada proses produksi barang dan jasa, serta memastikan operasi bisnis berlangsung secara efektif dan efisien.
·         Pemasaran (Marketing Management): Salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, berkembang, dan mendapatkan laba.
·         Strategi (Strategic Management): Berfokus pada proses penetapan tujuan organisasi, pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai sasaran, serta mengalokasikan sumber daya untuk menerapkan kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tujuh Elemen Penting Dalam Hidup

maxmillian wienardi: Hari ini suka atau tidak, fakta sudah terjadi..

Ingin Mendapatkan Banyak Customer? Kepoin Cara Menerapkan Referral Marketing untuk Bisnis Online Anda