Rahasia Sukses Bisnis Kuliner
Bisnis
kuliner adalah bisnis yang sangat potensial di tahun ini. Pasalnya, saat ini
banyak orang yang selalu eksis dengan menggunggah makanan yang unik di sebuah
tempat makan. Dalam hal ini tentu memberikan peluang bagi para pelaku usaha
kuliner. Lantas, bagaimana cara bisnis
kuliner agar sukses?
Pertama Anda
harus mengurus dahulu hal hal penting seperti perizinan. Setiap struktur
bisnis, memiliki prosedur pengajuan izin usahanya. Ini adalah kewajiban Anda
sebagai pebisnis untuk dapat memulai bisnis legal di Indonesia. Ketahui dahulu
struktur bisnis Anda, lalu ajukan bisnis dan bereskan semua prosedur perizinan
usahanya. Sebagai contoh, jika Anda tertarik untuk membuat sebuah CV, maka Anda
bisa melihat sekilas mengenai proses pengajuan CV di berbagai buku atau sumber
inet yang terpercaya
Kemudian yang
kedua adalah aktivitas bisnis. Dalam bisnis apapun, Anda harus mengetahui aktivitas
bisnis Anda, yaitu aktivitas apa saja yang diperlukan untuk menghasilkan produk
atau layanan Anda. Setiap bisnis tanpa perencanaan aktivitasnya akan hilang
arah, dan Anda bisa tersesat jika berbuat demikian. Artinya, Anda harus tahu
seperti apa aktivitas bisnis Anda nantinya. Penasaran apa saja aktivitas bisnis
Anda? Dalam bisnis biasanya aktivitas bisnis dibedakan menjadi 5 yaitu,
· Keuangan (Financial Management): Kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan.
· SDM (Human Resources Management): Manajemen SDM atau sering disingkat MSDM merupakan aktivitas dimana Anda mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama.
·
Operasional (Operational Management): Aktivitas
bisnis yang berfokus pada proses produksi barang dan jasa, serta memastikan
operasi bisnis berlangsung secara efektif dan efisien.
·
Pemasaran (Marketing Management): Salah satu
kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan
perusahaannya, berkembang, dan mendapatkan laba.
·
Strategi (Strategic Management): Berfokus pada
proses penetapan tujuan organisasi, pengembangan kebijakan dan perencanaan
untuk mencapai sasaran, serta mengalokasikan sumber daya untuk menerapkan
kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi.
Komentar
Posting Komentar